Lowongan BUMD Bank BPD Jawa Timur Juni 2012 untuk Tingkat D3 & S1


Bank Jatim adalah sebuah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Provinsi Jawa Timur. Bank ini didirikan pada tanggal 17 Agustus 1961 dengan bentuk perseroan terbatas (PT), kemudian dalam perkembangannya berubah status menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

PT Bank Jatim menjadi bank devisa sejak tanggal 2 Agustus 1990. Pada tanggal 1 Mei 1999, dalam upayanya untuk meningkatkan profesionalitas dan independensi sebagai pelayan masyarakat di bidang jasa keuangan, Bank Jatim mengubah bentuk badan hukum dari BUMD menjadi Perseroan Terbatas (PT).

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/lowongan-bumd-bank-bpd-jawa-timur-juni.html

Silakan akses melalui link di atas tulisan ini untuk pengumuman kerja selengkapnya.
Read more ...

Bank Sahabat Sampoerna Management Development Program Juni 2012 untuk Tingkat S1

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/bank-sahabat-sampoerna-management_30.html

Bank Sahabat Sampoerna merupakan bagian dari Sampoerna Strategic mengundang para professional intrapreneurial bankers dalam :

Management Development Program
Persyaratan :
  • Memiliki gelar Sarjana dari universitas dengan akreditasi Baik
  • Minimum IPK 2.85 dari 4.00
  • Diutamakan berasal dari jurusan ekonomi, teknik, pertanian, ilmu sosial dan jurusan lainnya yang berhubungan dengan industri perbankan.
  • Maksimum berusia 25 tahun dan belum menikah.
  • Memiliki ketertarikan yang kuat di bidang perbankan dan jasa keuangan
  • Setelah menyelesaikan program, harus bersedia ditugaskan di lokasi manapun yang ditentukan oleh organisasi.
Peminat dapat mengirimkan surat lamaran, CV, fotocopy ijazah dan transkrip Sarjana serta pasfoto ukuran 3 x 4 cm di dalam ampop coklat tertutup dengan diberikan kode MDP BSS, kepada : Human Capital Development Group - Sampoerna Strategic Square - Mezzanine Floor, Jl. Jend. Sudirman Kav. 45, Jakarta - 12930.

Catatan :
Anda juga dipersilakan melamar via email dengan ketentuan batas maksimal ukuran file adalah 1 MB melalui link di bawah ini.

Read more ...

Lowongan Kerja BCA Finance Juni 2012

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/lowongan-kerja-bca-finance-juni-2012.html

BCA Finance berdiri pada tahun 1981 dengan nama PT Central Sari Metropolitan Leasing Corporation (CSML). Pada awal berdirinya, pemegang saham Perusahaan adalah PT Bank Central Asia dan Japan Leasing Corporation. Saat itu Perusahaan masih memfokuskan usaha pada pembiayaan komersial, seperti pembiayaan mesin-mesin produksi, alat berat dan transportasi.

BCA Finance mengajak Anda bergabung dalam program rekrutmen kerja untuk posisi/ bidang kerja di bawah ini.

Bagi Anda yang nantinya berminat untuk melakukan pelamaran kerja, silakan akses BCA Finance Karir

Karya Bakti BCA Finance - Solo, Yogyakarta, Batam, Manado, Palu, Makassar
Keterangan :
 
Merupakan program kerja 4 tahun dari PT. BCA Finance dimana karyawan mendapatkan uang penghargaan total sebesar 30 Juta selama program berlangsung diluar benefit lainnya. Penempatan kerja di posisi Marketing Officer atau Staff Asset Recovery.
 
Syarat :
  • Pria/ Wanita.
  • Pendidikan D3/ S1 min. 2,75.
  • Usia maksimal 25 tahun untuk fresh graduated atau usia maksimal 27 tahun untuk berpengalaman kerja minimal 1 tahun.
  • Wajib memiliki SIM C dan sepeda motor.
  • Penempatan di Cabang BCA Finance Palu.
Staf Corporate Credit Analyst - Jakarta
Syarat :
  • Pria/ Wanita, usia maksimal 26 tahun.
  • Pendidikan min. S1 Akuntansi/ Management/ Finance dengan IPK min. 2,75.
  • Fresh graduate atau berpengalaman maksimal 2 tahun.
  • Memiliki kemampuan analisa yang baik.
  • Mampu mengoperasikan MS Office.
Sales Management Staff - Jakarta 
Keterangan : 

Mengelola dan menganalisa data penjualan untuk dipakai dalam bahan perencanaan produk.

Syarat :
  • Pria dengan usia maksimal 25 tahun.
  • Pendidikan minimal S1 Teknik Industri, Akuntansi, atau Statistik dengan IPK min 2,75.
  • Fresh graduate atau berpengalaman maksimal 2 tahun.
  • Mampu mengoperasikan Access, Excel, dan Power Point.
Corporate Legal Staff - Jakarta
Keterangan : 

 
Mewakili perusahaan/ mendampingi karyawan di kepolisian, kejaksanaan, dan pengadilan ketika ada kasus.

Syarat :
  • Pria dengan usia maksimal 30 tahun.
  • Pendidikan min S1 dengan nilai IPK min 2,75.
  • Fresh graduate atau memiliki pengalaman maksimal 1 tahun di bidang hukum.
  • Sedang atau telah mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA).
  • Mampu mengoperasikan MS Office.
Kami menawarkan gaji yang menarik untuk mendukung perkembangan dan prestasi Anda.
 
Hanya kandidat terpilih, yang akan diberitahu.
Read more ...

Ini Dia! Trik agar Anda Mendapatkan Pekerjaan yang Tepat

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/ini-dia-trik-agar-mendapatkan-pekerjaan.html

Kehilangan pekerjaan merupakan fenomena yang banyak dialami oleh para pekerja dalam beberapa tahun terakhir. Apabila Anda dihadapkan dengan situasi tersebut, cobalah untuk menemukan pekerjaan baru yang sesuai dengan passion.

Jika Anda bersedia untuk meluangkan sedikit waktu dan usaha, maka mencari pekerjaan bukanlah suatu hal yang sulit. Yang terpenting Anda perlu mengetahui dimana mencari pekerjaan tersebut dan membuat surat lamaran dengan tepat. Lantas, bagaimanakah caranya agar bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion?

Dikutip dari Lifestyle, langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan menanyakan kepada keluarga atau teman. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak orang mendapatkan pekerjaan melalui referensi orang terdekat yang telah mengenal Anda dengan baik. Mungkin Anda mempunyai teman atau keluarga yang bekerja di perusahan besar, jadi tak ada salahnya jika menanyakan soal lowongan pekerjaan yang ada di perusahaan tempat mereka bekerja. Siapa tahu, posisi yang tersedia cocok dengan minat Anda.

Cara kedua yang bisa diterapkan yaitu, Anda bisa melakukan pencarian kerja melalui situs lowongan pekerjaan. Dalam beberapa tahun terakhir ini, internet memudahkan kita untuk bisa mengetahui beragam informasi, termasuk mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia di berbagai macam perusahaan.

Situs yang menawarkan lowongan pekerjaan juga terbilang banyak. Jadi, jangan ragu untuk mendaftarkan diri Anda melalui website tersebut. Hal ini juga menjadi cara yang baik bagi Anda untuk menemukan pekerjaan yang diinginkan dan sesuai dengan minat.

Biasanya di situs-situs tersebut terdapat kategori tersendiri mengenai ketersediaan posisi yang dibutuhkan. Tak hanya itu saja, dalam situs pekerjaan itu memudahkan Anda untuk meng-upload data diri sehingga perusahaan yang bersangkutan bisa melakukan pencarian terhadap para pelamar melalui situs tersebut.

Surat kabar juga dapat menjadi sumber informasi untuk Anda mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia. Secara umum, koran memiliki halaman khusus mengenai lowongan pekerjaan. Kebanyakan perusahaan mengiklankannya di hari sabtu dan minggu. Melalui koran tersebut, Anda juga dapat mengetahui informasi mengenai lokasi dan bidang karir yang dibutuhkan.

Pastikan ketika mencari informasi lowongan melalui surat kabar, Anda melamar pekerjaan yang sesuai dengan harapan. Hal yang paling penting untuk Anda perhatikan adalah wakltu, karena biasanya iklan di koran memiliki batas waktu tertentu.

Di beberapa kesempatan pihak yang membutuhkan karyawan juga terkadang mengiklankannya secara langsung melalui website resmi perusahaan tersebut. Biasanya di sana juga telah tercantum batas waktu yang ditentukan untuk melamar pekerjaan.

Langkah terakhir yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat yaitu melalui job fair. Umumnya, di sana Anda dapat menemui salah satu pihak dari perusahaan untuk bisa menanyakan secara langsung mengenai informasi perusahaan tersebut.

Semoga bermanfaat & salam sukses untuk Anda semua.

Tim LoKerNesia.
Read more ...

PNS Sumatera Selatan Terima Gaji ke-13 pada 2 hingga 20 Juli 2012

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/pns-sumatera-selatan-bayar-gaji-ke-13.html

Para pensiunan di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) akhirnya mendapat kabar baik yang ditunggu-tunggu.

PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Palembang akan membayarkan gaji pensiun bulan ke-13 bersamaan dengan gaji bulan Juli, mulai 2 Juli-20 Juli mendatang.

Sebanyak 49.233 penerima bisa mencairkannya di kantor bayar masing-masing, baik melalui Bank BRI, BTPN, Bukopin maupun Kantor Pos.

“Jadi mulai tanggal 2 Juli nanti para penerima sudah bisa mencairkan gaji pensiun ke-13 bersamaan dengan haji pensiun untuk bulan Juli. Dananya mencapai 91 miliar. Khusus gaji ke-13 tidak boleh dipotong alias utuh,” ujar Kepala Taspen Cabang Palembang, Sofyan Bangun, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (29/6/2012).

Sofyan menjelaskan, ketentuan pembayaran gaji pensiun bulan ke-13 dan gaji pensiun bulan Juli ini mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) 57 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Keuangan RI No 85/PMK.05/2012 Tanggal 11 Juni 2012.

Dalam Permenkeu ini dijelaskan tentang petunjuk teknis pemberian gaji/ tunjangan bulan ke-13 dalam tahun anggaran 2012 kepada pegawai negeri, pejabat negara dan penerima pensiun/ tunjangan. (ref : TribunNews)
Read more ...

Info CPNS 2013 Pemkab Kudus (Jawa Tengah) : Formasi Didominasi oleh Tenaga Perawat

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/info-cpns-2013-pemkab-kudus-jawa-tengah.html

Sejumlah 792 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tengah diajukan pemerintah Kabupaten Kudus Jawa Tengah untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada 2013.

"Dari jumlah formasi yang diajukan tersebut, sebanyak 443 formasi di antaranya untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di berbagai jenjang pendidikan," kata Kabid Pengembangan Diklat Pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kudus Revlisianto Subekti, di Kudus..

Usulan tenaga kesehatan sebanyak 155 formasi, yang didominasi untuk tenaga perawat sebanyak 107 orang.

 
Tenaga teknis, katanya, diusulkan sebanyak 160 formasi, sebagian besar didominasi untuk penegak perda sebanyak 39 orang dan penyuluh KB sebanyak 42 orang.

Ia mengatakan, pengajuan formasi CPNS 2013 tersebut dikirimkan ke Pemerintah Pusat hari ini (29/ 6).

Adapun dasar penghitungan kebutuhan CPNS tersebut, kata dia, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 26/2011 tentang Pedoman Penghitungan Jumlah kebutuhan PNS untuk Daerah.

Untuk mendapatkan alokasi CPNS, katanya, BKD Kudus sudah mengirimkan berkas persyaratan yang dikirim ke Kemenpan dan BKN guna mendapatkan alokasi CPNS 2013.

Persyaratan yang dikirimkan, yakni hasil penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja, proyeksi kebutuhan pegawai selama lima tahun, yakni dari 2012 hingga 2016, peta jabatan, dan rencana distribusinya.

Terkait dengan rencana pengangkatan 277 tenaga honorer ketegori II di Kabupaten Kudus menjadi CPNS, katanya, masih menunggu informasi dari pusat.

Menurut rencana, kata dia, pengangkatannya harus melalui tes tertulis. Hanya saja, lanjut dia, BKD Kudus belum menerima petunjuk pelaksanaan maupun petunjuk teknis, sehingga belum bisa mengetahui nasib para tenaga honorer yang tidak lolos tes seleksi CPNS tersebut.

"Hingga kini, kami masih menunggu juklaknya. Apakah tenaga honorer yang tidak lolos tes tersebut akan diikutkan pada rekrutmen CPNS tahun berikutnya atau ada keputusan lain," ujarnya.

Rencana pengangkatan tenaga honorer ketegori II menjadi CPNS diperkirakan membutuhkan anggaran sebesar Rp400 juta, sedangkan untuk perekrutan CPNS regular diusulkan sekitar Rp1 miliar, katanya. (ref : Antara)
Read more ...

Kementerian Kesehatan RI bakal Potong 5 Persen Gaji Pekerja untuk Program Jaminan Kesehatan

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/kementerian-kesehatan-ri-bakal-potong-5.html

Sebagaimana dilansir dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang mengungkapkan apabila pekerja menerima gaji maka akan dipotong sebesar lima persen untuk program jaminan kesehatan pada 2014 mendatang.

"Lima persen dari pekerja yang menerima upah nanti akan dipotong (gaji). Mereka akan mendapat jaminan pelayanan yang sama, untuk kelas yang sama," tukas Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron Mukti, saat menyampaikan perkembangan kesiapan penyelenggaraan BPJS Kesehatan, di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta.

Dia menambahkan, pemotongan gaji sebesar lima persen dari program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ini tak sepenuhnya dibebankan pada karyawan. Perusahaan pun akan menanggung beban sebesar tiga persen, dan sang pekerja membayar dua persen.

"Itu yang akan dibahas dan disosialisasikan lagi, karena pekerja mempunyai transisi satu sampai dua tahun. Karena memang di UU-nya seperti itu," jelas Ali saat ditanya apakah pemotongan ini akan merugikan pekerja.

Dijelaskannya, angka sebesar lima persen kelompok pekerja yang menyanggupi, yang diatur di UU 3 Tahun 1992. Adapun yang memberikan lima persen tersebut tidak hanya bagi pemberi kerja saja.

"Tapi UU ini sendiri banyak pekerja yang tidak tahu bahwa mereka telah mendapat jaminan sosial yang harusnya ditanggung perusahaan," pungkasnya.

Sekadar informasi, Kementerian Kesehatan mengklaim sudah 63 persen penduduk Indonesia sudah memiliki jaminan kesehatan dengan berbagai macam bentuk proteksi. (ref : Okezone)
Read more ...

Lowongan Kerja Asuransi Takaful Keluarga Juni 2012 untuk Area Yogyakarta & Surabaya

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/lowongan-kerja-asuransi-takaful.html

PT Asuransi Takaful Keluarga merupakan perusahaan Asuransi Syariah pertama di Indonesia.

Saat ini, perusahaan membutuhkan tenaga profesional yang dinamis untuk posisi yang tercantum di bawah ini.

Bagi Anda yang nantinya tertarik untuk mengisi salah satu posisi kerja yang tersedia, silakan kirimkan lamaran lengkap selambat-lambatnya 7 hari setelah pengumuman ini ke : HRD Department PT Asuransi Takaful Keluarga - Jl. Mampang Prapatan Raya No. 100, Jakarta Selatan - 12790 atau email ke : recruitment_hrd@takaful.com.

Corporate Secretary - Jawa Timur
Persyaratan :
  • Pria maks. 40 tahun
  • Min. S1 Hukum/ Ekonomi
  • Berpengalaman sebagai CorSec min. 3 thn
  • Menguasai Bhs.Inggris Lisan & Tulisan
  • Memahami UU Perseroan dan Ketenagakerjaan
  • Lebih disukai yang menguasai akuntansi
  • Berakhlak Islami
  • Dapat bekerja secara mandiri dan tim
  • Memiliki komitmen Syariah
Sales Manager (SM) - Jawa Timur
Tanggung Jawab :

 
Mengembangkan Retail Channel Distribution dengan melakukan Recuitment, Training, Monitoring kepada seluruh sales force untuk mencapai objective perusahaan.

Persyaratan :
  • Pria/ Wanita
  • Pendidikan min D3
  • Mempunyai pengalaman dibidang sales minimal 3 tahun.
  • Memiliki “Self Motivation Discipline” dan dapat berperan sebagai Team Leader.
  • Memiliki Effective Interpersonal skill
Sales Executive - Jawa TimurPersyaratan :
  • Diutamakan wanita usia 20 - 25 tahun
  • SMA/ SMK Sederajat
  • Berakhlak Baik
  • Berpenampilan Menarik (Untuk wanita wajib berjilbab)
  • Menyukai Tantangan
  • Komitmen Syariah
  • Berdomisili di Jabotabek
Accounting Officer - Jawa Timur
Persyaratan :
  • Diutamakan Pria max 32 tahun
  • Min. S1 Akuntansi min 2.75 (PTN), 3.00 (PTS).
  • Berakhlak islami  (Pria)
  • Bahasa Inggris (min.pasif).
  • Berpengalaman min. 3 tahun
  • Dapat membuat laporan keuangan dan laporan keuangan konsolidasi
  • Mengerti dan menguasai siklus akuntansi
  • Mengerti regulasi dan standar akuntansi keuangan
  • Dapat bekerja secara mandiri dan tim
  • Komitmen Syariah
Marketing - Yogyakarta
Persyaratan :
  • Pria/ Wanita
  • Usia minimal 30 th
  • Pengalaman min 1 tahun dibidangnya
  • Memiliki networking yang luas
  • Berorientasi pada target
Read more ...

Lowongan BUMN Bank BNI Syariah Juni 2012 untuk Tingkat S1 hingga S3

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/lowongan-bumn-bank-bni-syariah-juni_29.html

Bank BNI Syariah is one of the leading Sharia Bank in Indonesia. 

It has 49 branches accross Indonesia with last year profit growth 78,38 %. 

We currently seeking the best talented candidate to join our team as :

Financial Analyst - Jakarta

Requirements :
  • Candidate must possess at least a Bachelor's Degree, Finance/Accountancy/Banking or equivalent.
  • At least 2 year(s) of working experience in the related field is required for this position.
  • Experience in handling financing both with various line of bussiness consumer and retail.
  • Able to maintain good relationship with customer.
  • Excellent communication skill.
  • Preferably Staff (non-management & non-supervisor)s specializing in Banking/Financial Services or equivalent.
  • Full-Time position(s) available.
Closing Date:25-07-12


Training Analyst - Jakarta
Responsibilities :
  • Create, modify training modules
  • Doing pre and post training assessment
  • Implementing Competency Based Training
Requirements :
  • Preferably having at least 2 years experience in handling Training and Development
  • Familiar with Competency Based Human Resource Management
Closing Date:18-7-12


Recruitment Analyst - Jakarta
Responsibilities :
  • Liaise and Evaluate Recruitment and Assessment Report from 3rd party
  • Update Competency Management
  • Conduct test if necessary
Requirements :
  • Candidate must possess at least a Master's Degree / Post Graduate Degree in Psychology or equivalent.
  • Excellent in interpreting psychological test
  • Familiar with Competency Based Human Resource Management
  • At least 1 year(s) of working experience in the related field is required for this position.
  • Preferably Staff (non-management & non-supervisor)s specializing in Human Resources or equivalent. Job role in Recruitment/Staffing or equivalent.
  • 1 Full-Time position(s) available.
Closing Date:18-7-12


Corporate Legal Analyst - Jakarta
Responsibilities :
  • Handling and administer all legal activities.
  • Prepare all legal document for company purposes.
  • Draft and review cases, contracts, agreements and other legal documents.
  • Ensure compliance with relevant Indonesian law and regulations, include rules & requirements.
Requirements :
  • Candidate must possess at least a Bachelor's Degree, Law or equivalent.
  • Experience in handling legal matters in corporation.
  • Having experiences in law firm will be an advantage.
  • Understand the Indonesian regulatory issues.
  • Familiar in drafting corporate agreement & other legal document.
  • Good communication skill, pleasant interpersonal skill, high attention to detail.
  • Having minimum 2 years in the same field.
  • Preferably Staff (non-management & non-supervisor)s specializing in Law/Legal Services or equivalent.
  • Full-Time position(s) available.
Closing Date:20-07-12


If you are interested, please apply online via BNI Syariah Jobs

Only shortlisted candidates will be notified.
Read more ...

Masih Tersedia Kuota 6.000 CPNS yang Belum Terisi Pelamar

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/masih-tersedia-kuota-6000-cpns-yang.html

Kuota penerimaan CPNS reguler untuk formasi kebutuhan mendesak, tenaga pendidik dan kesehatan yang disiapkan Pemerintah belum terpenuhi. Dari 20 ribu kuota yang disiapkan, baru terisi 14 ribu pelamar.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN&RB) Azwar Abubakar sejak awal pada penerimaan CPNS tahun 2012 menyiapkan sebanyak 60 ribu. Karena tidak terpenuhi maka kuotanya dikurangi menjadi 20 ribu. Tapi setelah dikurangi, tetap saja  kursinya banyak yang kosong.

Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian PAN & RB Ramli Naibaho mengungkapkan hingga saat ini, dari kuota 20 ribu yang dijatah ke Daerah baru bisa dipenuhi 14 ribu pelamar. "Sepertinya kuota 20 ribu tidak akan terpenuhi. Posisinya hingga saat ini yang bisa kita beri formasi untuk daerah hanya 2 ribu kursi saja, sedangkan pusat sekitar 12 ribu," ungkap Ramli Naibaho yang dihubungi, Kamis (28/6).

Ditanya mengenai waktu dua hari tersisa sebelum ditutup pengusulannya, Ramli mengatakan masih ada daerah yang mengusulkan tidak terlalu banyak. Itupun usulannya tidak memenuhi kriteria. "Kemungkinan besar formasi untuk daerah yang memenuhi persyaratan ya hanya sekitar dua ribu dan 12 ribu pusat," ulangnya.

Mengenai usulan kebutuhan pegawai yang masuk lewat 30 Juni, dia menegaskan tidak akan diproses tahun ini. Tapi akan dimasukkan dalam usulan prioritas 2013.

"Jadi kalau dari kuota 20 ribu yang terisi sekitar 14 ribu, ya hanya itu saja yang diterima. Sisanya tidak akan ditambahkan ke kuota 2013. Karena setiap tahun kuota yang disiapkan hanya 60 ribu (CPNS pusat dan daerah) saja," terangnya. (ref : JPNN)
Read more ...

Info CPNS 2012 Pemprov Aceh : Fokus pada Formasi Tenaga Kesehatan & Pengajar

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/info-cpns-2012-pemprov-aceh-fokus-pada.html

Pemerintah pusat membuka kembali kesempatan penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) Tahun 2012. Tapi, sejumlah Kabupaten/ kota di Aceh memastikan tidak mau ambil bagian, mengingat jumlahnya sudah mencukupi, seperti di tingkat pemerintah provinsi dan Kota Banda Aceh.

Saya kira  untuk tingkat provinsi tahun ini tidak ada, kalaupun ada pastinya hanya untuk formasi tertentu saja seperti kesehatan dan pendidikan,” Kata Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Drs. T. Setia Budi, Kamis (28/6).

Sekda menyebutkan, kebutuhan PNS di lingkungan Pemprov Aceh sudah memadai, jumlahnya saat ini  lebih kurang sudah mencapai 10 ribu orang. Sehingga  untuk tahun ini, tidak begitu mendesak untuk dilakukan perekrutan CPNS, apalagi belum ada  surat permintaan usulan formulasi dari pemerintah pusat.

Namun begitu, walaupun nanti ada perekrutan, maka tentunya hanya untuk formasi – formasi tertentu saja yang dinilai memang sangat dibutuhkan, seperti tenaga kesehatan yaitu dokter dan tenaga perawat serta tenaga pendidik seperti guru, itupun hanya untuk jurusan tertentu saja.

Saya tidak katakan jumlah yang ada sekarang itu lebih. Tapi lebih dari segi jumlah ia, tapi kalau mau rinci lagi, pastinya ada bidang - bidang tertentu kurang dan bidang lainnya malah sangat kurang,”sebutnya.

Salah satu Kabupaten/kota yang menyatakan tidak akan melakukan penerimaan PNS tahun ini, adalah Kota Banda Aceh. Dengan begitu, berarti Pemko Banda Aceh sudah sejak beberapa tahun terakhir tidak membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Kita belum ada formulasi penerimaan PNS. Kesepakatan penerimaan harus melalui analisis jabatan (Anjab). Tahun ini kemungkinan tidak ada penerimaan seperti tahun - tahun sebelumnya,” kata Plh Sekda Kota Banda Aceh Drs. Ramli Rasyid.

Dia menjelaskan, jumlah PNS yang ada dilingkungan Pemko Banda Aceh saat ini sudah memadai, dan itu disemua jenjang termasuk tenaga guru. Kalaupun nantinya, setelah Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) melakukan kajian atas kebutuhan pegawai, berkesimpulan perlu ada rekrutmen tahun ini.

Maka akan dibuka, tapi hanya pada kualifikasi tertentu seperti dokter spesialis, tenaga guru IT, teknik lingkungan.”Saat konflik dulu kan banyak yang pindah ke Banda Aceh. Makanya tahun ini tidak kita buka penerimaan dulu,”demikian ujarnya.
Read more ...

Kementerian Keuangan RI Buka Pendaftaran untuk Kuota 700 CPNS pada Agustus 2012

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/kementerian-keuangan-ri-buka.html

Sebagaimana terlontar dari Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Kiagus Badaruddin, yang mengatakan bahwa Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan membuka lowongan untuk 700 pegawai untuk masyarakat umum pada tahun ini.

Pendaftaran akan dibuka pada bulan Agustus mendatang. "Sekitar 700 (orang) tahun ini. (Jalur) yang umum," sebut Kiagus di DPR, Jakarta, Kamis (28/6/2012).

Kiagus menjelaskan, dari kebutuhan sebanyak 700 orang itu, 400 orang dibutuhkan untuk anak buah kapal dengan pendidikan lulusan SMU. Sisanya, 300 orang, untuk lulusan sarjana. "Sebagian besar untuk pajak dan bea cukai. Tapi bukan berarti di tempat lain enggak ada. Sebagian besar memang di tempat itu karena kita ingin meningkatkan penerimaan negara," papar dia.

Pendaftaran akan dibuka pada bulan Agustus, sementara ujian akan diselenggarakan pada September. Kiagus menyebutkan bahwa tes akan berlangsung dua tahap, yakni tes pengetahuan dasar dan tes potensi akademis. "Kemudian psikotes, wawancara, dan tes kebugaran fisik," pungkasnya. (ref : Kompas)
Read more ...

Lowongan Pertambangan Chevron Indonesia Juni 2012 untuk Bidang Teknik

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/lowongan-pertambangan-chevron-indonesia.html

Chevron Indonesia is a major partner in Indonesia's economy and an active member of the community. 

Through our wholly owned subsidiary PT Chevron Pacific Indonesia, we are the largest producer of Indonesia's crude oil. We are searching for new oil and gas reserves from central Sumatra to offshore East Kalimantan. We have begun design work on our deepwater natural gas project off East Kalimantan through Chevron Indonesia Company Our geothermal operations in Indonesia help make Chevron the largest producer of geothermal energy in the world. 

Chevron sells lubricants in Indonesia through our subsidiary PT Chevron Oil Products Indonesia

We are now offering at you job opportunities as follows :

Recent Graduate Positions

Recent Graduate position is available for applicant with less than 4 years related experiences.

ES - LABORATORY SPECIALIST - Riau
Qualification :

S1/ D4 Graduates in Chemistry

Expired Date : July 1st, 2012

Operator/ Technician - Sumatera/ Riau, Kalimantan Timur, Jakarta
Qualification :
 
D3 Graduates in Chemical Engineering, Electrical Engineering (Power), Electronic Engineering, Instrumentation, Mechanical Engineering

Expired Date : July 30th, 2012


How to Apply ?

For those who are interested to apply at one of the available positions, please refer to Chevron Career
Read more ...

Lowongan Kerja Toyota Astra Motor Juni 2012 untuk Area Jakarta

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/lowongan-kerja-toyota-astra-motor-juni.html

PT. Toyota Astra Motor is a leading automotive company in Indonesia. 

We are currently looking for talented and motivated candidates to fill following positions at below lists.

For you that have interested to join our company at later moment, please send your CV, recent transcript and photograph with subject email of "
code position" to : recruitment@toyota.astra.co.id.

Finance & Accounting Staff (FAS) 
Job Description :
 
Handle costing administration, control and monitoring. Also responsible to handle account receivable for our vehicle, parts and service.

Qualification :
 
D3 from Accounting or Finance with good communication skill and able to work under pressure.

After Sales Marketing Staff (ASS)
Job Description
:
 
Support and maintain after sales service activities in Toyota`s dealer by socializing Toyota`s after sales standard, monitoring and evaluating activities.

Qualification :

 
D3 from any engineering background who has good analytical thinking good communication skill and willing to travel

Customer Relation Staff (CSR)

Job Description :

Handle customer complaint database and establish integrated report for management.

Qualification :

D3 from any major who has experience in handling customer, interest in automotive industry and good communication skill

Parts Installation Engineer (PIE)

Job Description :

 
Maintain and monitor the installation of our accessories on our vehicle.

Qualification :

D3 from Mechanical and Electrical Engineering who has good analytical thinking, self confidence and good communication skill.

Sales & Marketing Administrator (SMA)

Job Description :

Handle administration operation regarding activity in sales area such as, maintain sales data and support sales activities.

Qualification :

D3 from Administration, Accounting or Engineering who has good communication skill and self confidence

IT Analyst (ITA)

Job Description :

 
Manage system development and propose enhancement in our area

Qualification :

S1/ S2 from Information Engineering or computer science

Toyota Trainer (Train)

Job Description :

 
Establishing curriculum and conduct training for Toyota's Sales Force

Qualification :

S1/ S2 from any major who has passion and experience in training area as a trainer

Market Analyst (MA)

Job Description :

Conduct marketing research, establish marketing strategy and planning.

Qualification :

S1/ S2 from Management, Finance, Marketing, Business or Industrial Engineering

Corporate Analyst (CA)

Job Description :

 
Analyze company`s achievement and resources in order to set up company`s mid - long term strategy.

Qualification :

S1/ S2 from Economic Study, Law

Sales Analyst (SA)

Job Description :
 
Market trend analysis, monitor vehicle distribution from manufacturer to main dealer.

Qualification : 

 
S1/ S2 from Industrial Engineering, Statistic or Management

General Affair Officer (GRO)

Job Description :
 
Handle building project management and purchasing cost analyst

Qualification :

S1/ S2 from Civil Engineering

Supply Chain and Logistic Analyst (SCLA)

Job Description :

Monitor and analyze total operation performance of Toyota`s vehicle and parts through innovative improvement.

Qualification :

S1/ S2 from Industrial, Electrical or Mechanical Engineering

Sales Representative Officer (SRO
)
Job Description :

Making strategic improvement in sales operation activity.

Qualification :

S1/ S2 prefer from Industrial Engineering or any major

Product Development Analyst (PDA)

Job Description :

Analyze Indonesian automotive market to develop future Toyota vehicle design

Qualification :

 
S1/ S2 from Mechanical & Electrical Engineering

Public Relation Officer (PRO)

Job Description :

 
Maintain Toyota`s image to external parties, Handling Toyota`s event.

Qualification :

S1/ S2 Communication, Marketing, Management

General Requirements :
  1. GPA > 3.00 ; Age max. 27 years old
  2. Fluent in English, both in oral and written
  3. Proficient in using Microsoft Office
  4. Preferable those with organizational experience
Job Note : The expired date of whole job vacancies is on July 5th, 2012 .
Read more ...

Lowongan Kerja PT Phillips Industries Juni 2012 untuk Area Batam

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/lowongan-kerja-pt-phillips-industries.html

PT. Phillips Industries adalah pencipta serta dan distributor berbagai macam produk truk komersial, melayani baik OEM dan aftermarket. Phillips Industries adalah vendor untuk hampir setiap traktor besar dan produsen trailer di AS, dan pemimpin dalam aftermarket bagian.

PT. Philips Industries Batam berlokasi di Batam Panbil Industrial Estate, sebuah perusahaan yang sedang menuju Perusahaan Kelas Dunia, saat ini terus mencari profesional muda, dinamis dan energik untuk bergabung dengan kami, dengan posisi :
  1. Production/ Logistic/ Quality - Supervisor
  2. Process/ Production/ Equipment - Engineer
  3. Project/ Industrial (Senior/ Lead) - Engineer
  4. Shipping/ (Senior Shipping) - Planners
  5. Die Costing - Molding Maintenance/ Supervisor
  6. Plastic Tooling - Engineer
  7. Maintenance - Engineer
  8. Assistant Supervisor/ Engineering
Persyaratan :
  • Pria/ wanita, lajang
  • D3/ S1 Segala Jurusan Teknik
  • Fresh Graduate atau berpengalaman kerja
  • Memiliki komitmen dan motivasi kerja yang tinggi
  • Memilki jiwa kepemimpinan, sanggup bekerja keras, terliti dan bertanggung jawab
  • Jujur dan dapat bekerja secara team
  • Bersedia ditempatkan di Batam
Fasilitas :
  • Biaya dan Transportasi ke Batam ditanggung Perusahaan
  • Disediakan tempat tinggal
  • Gaji Negotiable.

Kirimkan segera lamaran lengkap, CV, pasfoto ukuran 4 x 6, fotokopi ijazah, transkrip nilai & KTP/ SIM ditujukan melalui email dengan mencantumkan "PHILLIPS" pada kolom subyek ke : recruit@akprind.ac.id.

Catatan :
Bagi pelamar melalui email, berkas lamaran harap dibawa pada saat tes.
Read more ...

Lowongan Nutrifood Indonesia Juni 2012 untuk Tingkat D3 & S1

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/lowongan-nutrifood-indonesia-juni-2012.html

Nutrifood Indonesia was established in 1979, manufactures and markets international-quality health foods and beverages under leading brands. 

Our famous brands are : NutriSari, Tropicana Slim, L-Men, WRP, HiLo, and WRP Diet Center (WDC).

Due our rapid growth, we invite dynamic professionals to grow with us, for these following positions at below lists.

If you are interested to join us later, please submit your CV by filling our online form at Nutrifood Career 
 
Research and Development (RDE)
  • Male/ Female, age max. 27 years
  • Final year student/ Bachelor Degree (S1) from Food Technology, with GPA min. 3.00
  • Have a good analytical thinking, creative, detail, and highly motivated
  • Willing to be placed in our factory
Production Executive (PRC)
  • Male, age max. 27 years
  • Bachelor Degree (S1) from Food Technology with GPA min. 3.00
  • Have broad knowledge in product knowledge
  • Able to operate computer (Ms. Office)
  • Leadership, good communication skill, and able to work in team
  • Flexible, Initiative, and proactive
  • Willing to be placed in our factory
Engineering Executive (ENG)
  • Male, age max. 27 years
  • Final year student/ Bachelor Degree (S1) from Electrical/ Mechanical Engineering, with GPA min. 3.00
  • Good communication, detail, creative, service oriented, and good in filing system
  • Not color blind
  • Willing to work by shift
  • Willing to be placed in our factory
Logistic (LOG)
  • Male/ Female, age max. 27 years
  • Final year student/ Bachelor Degree (S1) from Industrial Engineering, with min. GPA 3.00
  • Have a good analytical thinking, creative, detail, and highly motivated
  • Willing to be placed in our factory
Marketing (MKT)
  • Male/ Female, age max. 27 years
  • Diploma Degree (D3) or Bachelor Degree (S1) from any major, with GPA min. 2.75
  • Creative, self motivated, hard worker, good interpersonal, and leadership skill
  • Willing to be placed in all areas in Indonesia
Training Executive (TE)
  • Male/ Female, age max. 27 years
  • Bachelor degree (S1) from Psychology, with GPA min 3.00
  • Passionate in training and development
  • Able to conduct/delivering training with various methods
  • Able to make or develop training modules
  • Love to teach and share knowledge to others
  • Good communication, interpersonal, and presentation skill
Creative Designer (CD)
  • Male/ Female, age max.27 years
  • Bachelor degree (S1) from Product Design/ Interior Design/ Visual Communication Design/ Architecture or relevant, with GPA. min. 3.00
  • Familiar with web design
  • Have a strong graphic design ability
  • Have a strong conceptual thinking
  • Interest in fashion design/fashion stylist would be an advantage
  • 1 year experience would be an advantage
Health and Lifestyle Consultant (HLC)
  • Female, age max 27 years
  • Diploma Degree (D3) from any major with, GPA min. 2.75 
  • Interest in health food, nutrition, and diet
  • Good communication, interpersonal skill, and selling skill
  • Attractive, creative, and have proportional body
  • Willing to be placed in premium malls (Jakarta)
  • Willing to work on weekend or holiday
Nutritionist (NUT)
  • Female, age max. 30 years
  • Diploma Degree (D3) or Bachelor Degree (S1) from Nutrition/ Pharmacy/ Biotechnology, with GPA min 2.75
  • Passionate with healthy lifestyle
  • Broad knowledge regarding healthy lifestyle, diet, and nutrition
  • Attractive, good personality, self motivated, good interpersonal skill, and work well under pressure
  • Willing to be placed in premium malls (Jakarta)
  • Willing to work on weekend or holiday with shift system
Social Media Expert (SME)
  • Male/ Female, age max. 27 years
  • Diploma Degree (D3) or Bachelor Degree (S1) from any major
  • Have a good knowledge on healthy food and nutrition
  • Active and expert in using social media, especially Twitter
  • Good communication skill, customer oriented, and independent
Accounting Finance Executive (AFE)
  • Male/ Female, age max. 27 years
  • Bachelor Degree (S1) from Accounting/ Financial Management, with GPA min. 3.00
  • Have leadership capability, well organized, and can work under pressure to meet tight schedule
  • Willing to work in Jakarta
Legal Executive (LE)
  • Male, age max. 27 years
  • Bachelor Degree (S1) from Law GPA min. 3.00
  • Have a good analytical thinking and highly motivated
  • Good communication and interpersonal skill
  • Willing to work in Jakarta
General Purchasing Officer (GPO)
  • Male/ Female, age max.27 years
  • Min. Diploma Degree (D3) from any major, with GPA  min. 3.00
  • Strong negotiation skills and good communication
  • Strong leadership, analytical thinking, logical thinking, and dynamic personality
  • Fluent in English both oral and written
Read more ...

Lowongan Astra International - Daihatsu Juni 2012 untuk Bidang Hukum

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/lowongan-astra-international-daihatsu.html

PT Astra International Tbk - Daihatsu saat ini membuka lowongan kerja untuk menempati posisi sebagai :

Legal Analyst
Syarat :
  • Minimal S1
  • Berpengalaman minimal 1 tahun di bidang hukum bisnis
  • Mempunyai latar belakang Hukum Bisnis
  • IPK minimal 3.00
  • Mampu bekerja dibawah tekanan
  • Tegas dan Disiplin

Kirimkan surat lamaran dan CV Anda pada paling lambat 6 Juli 2012 ke alamat email : pambayundewandaru@yahoo.co.id.
Read more ...

Lowongan BUMN Garuda Indonesia Juni 2012 untuk Posisi Pilot

Read more ...

Info CPNS 2012 Kabupaten Bungo (Jambi) : Dominasi pada Jurusan Pertambangan & Formasi Guru

Info CPNS 2012 Kabupaten Bungo (Jambi) : Dominasi pada Jurusan Pertambangan & Formasi Guru

Pelamar CPNS di Kabupaten Bungo mesti bersabar, Pemkab Bungo memastikan tidak akan melakukan penerimaan CPNS tahun ini. Rencana penerimaan hanya akan dilakukan pada tahun 2013 mendatang. "Untuk pengajuan penerimaan CPNS tersebut, terlebih dahulu harus mengajukan, analisis kerja dan analisis jabatan. Terkait hal itu, Pemkab Bungo telah melakukannya," kata Bakhtiar, Kepala BKD Bungo, kemarin (26/6).

Karena telah mengajukan analisis tersebut, makanya pada 2013 bisa merekrut CPNS. Namun, kalau terlambat mengajukan, maka 2013 mendatang tak bisa menerima CPNS.

Terkait dengan rencana rekrutmen CPNS tersebut, pihak BKD Bungo telah mengajukan jumlah CPNS yang akan dibutuhkan. Pemkab Bungo mengajukan sebanyak 1.800 orang. “Sesuai dengan analisis kerja dan jabatan kita sebanyak 1.800," jelasnya.

Diungkapkannya, sesuai analisis yang telah disampaikan ke pusat. Pada penerimaan CPNS nantinya, banyak jurusan yang tidak akan diterima. Namun, kemungkinan yang banyak diterima adalah jenjang pendidikan SLTA. “Karena sesuai dengan kebutuhan yang kita ajukan, maka jurusan seperti ekonomi, hukum, sangat minim diterima,” ujar Bahktiar.

Sesuai analisis yang telah disampaikan, Pemkab Bungo masih kekurangan jurusan yang sifatnya langka. Seperti jurusan pertambangan, dan lain sebagainya. “Jurusan yang seperti itulah yang masih banyak kita perlukan disamping guru,” tandasnya. (ref : JambiIndependent)
Read more ...

Info CPNS 2012 Kabupaten Bulungan (Kalimantan Timur)

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/info-cpns-2012-kabupaten-bulungan.html

Sirna sudah harapan para sarjana di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang ingin mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah memutuskan memperpanjang moratorium penerimaan CPNS untuk daerah ini. Artinya rencana penerimaan CPNS yang diproyeksikan tahun ini dipastikan batal.

Kepastian ini disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kotim, Yanero yang usai mengikuti rapat di Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional VIII  di Banjarbaru. Dikatakannya, hadir pada saat rapat terebut, staf  utusan Kemenpan-RB yang menyampaikan bahwa dalam tahun 2012 penerimaan CPNS untuk Pulau Kalimantan ditiadakan.

Kemenpan masih memberikan peluang hanya kepada satu daerah yaitu Kabupaten Bulungan di Provinsi Kalimantan Timur. Kabupaten tersebut  bisa menggelar penerimaan CPNS karena dianggap kebutuhan akan Pegawai Negeri Sipil (PNS) belum tercukupi, namun kuotanya pun juga terbatas.

Selain kabupaten itu, penerimaan CPNS untuk Kalimantan dihentikan dulu. Karena semua pemerintah daerah diminta melakukan pembenahan terlebih dahulu, khususnya mengenai sistem kepegawaiannya,” tambah Yanero.

Yanero juga belum bisa memastikan apakah moratorium itu akan dicabut sehingga tahun depan Kotim bisa merekrut CPNS baru, atau masih harus menunggu lagi. Pasalnya, agar bisa menggelar tes penerimaan CPNS di Kalimantan, akan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu oleh setiap pemerintah daerah.

Empat syaratnya yaitu, dari jumlah total PNS yang ada, pemerintah daerah harus  melakukan analisis jabatan PNS, analisis beban kerja di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), analisis penempatan PNS, terutama untuk tenaga kesehatan dan guru, serta memastikan bahwa anggaran belanja pegawai porsinya di bawah 50 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Jadi kalau empat syarat itu sudah dipenuhi dan dikirimkan ke pusat, baru peluang untuk menggelar penerimaan CPNS bisa terbuka dan hasil analisis itu akan dinilai, apakah perlu ada penerimaan atau tidak. Untuk tahun 2013, kalau pun ada penerimaan, itu akan ketat sekali formasinya dan kemungkinan hanya untuk tenaga kesehatan dan guru atau tenaga yang hanya betul-betul diperlukan saja,” pungkas Yanero.

Diakuinya, selama ini penempatan PNS di Kotim terbilang belum merata, karena banyak PNS yang masih menumpuk di perkotaan, serta masih belum terukurnya beban kerja setiap PNS. Karena itu salah satu upaya pembenahan yang akan segera dilakukan Pemkab Kotim yaitu perampingan SKPD dan pemerataan penempatan tenaga kesehatan, serta para guru yang sudah ada juknisnya berdasarkan Surat Kesepakatan 5 Menteri.

Adapun jumlah kuota  penerimaan CPNS yang sudah diajukan Kotim ke pusat yaitu sebanyak 3.288 orang. Formasi sebanyak itu yang sudah diajukan sejak tahun 2011 lalu  dan semuanya hanya untuk tingkat pendidikan sarjana strata 1 (S1). Dari jumlah formasi yang diajukan tersebut yaitu untuk menempati posisi tenaga pendidik sebanyak 1.763 orang, tenaga kesehatan 172 orang dan tenaga teknis sebanyak 1.353 orang. (ref : JPNN)
Read more ...

Moratorium CPNS akan Dicabut pada Tahun 2013, Seleksi CPNS Kembali Terbuka untuk Semua Formasi

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/moratorium-cpns-akan-dicabut-pada-tahun.html

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN & RB), Azwar Abubakar mengatakan akan mencabut moratorium CPNS pada 1 Januari 2013 mendatang. Itu berarti keran penerimaan CPNS reguler akan dibuka kembali untuk semua formasi.

"Tahun depan moratorium kita cabut. Semua instansi diberikan kesempatan mengajukan usulan penambahan pegawai sesuai formasi yang dibutuhkan di daerahnya," kata Azwar Abubakar di kantornya.

Meski kerannya dibuka, pemerintah tetap mewajibkan usulan pengangkatan CPNS disertai peta jabatan. Tanpa peta jabatan, imbuh Azwar, pemerintah tidak akan menetapkan formasinya.

"Silakan mengajukan usulan kebutuhan, tapi kalau tidak ada peta jabatan yang jelas jangan harap saya beri formasi," ucapnya.

Dengan peta jabatan itu, lanjut Azwar, akan diketahui kalau daerah benar-benar membutuhkan pegawai. Pasalnya selama ini daerah selalu mengajukan usulan kebutuhan pegawai sangat banyak.

"Kalau sejak 2011 dan 2012 usulan kebutuhan pegawai sangat sedikit, tahun depan mungkin akan membludak. Karena itu, saya sudah mengantisipasinya dengan prinsip minus growth. Jadi jika jumlah pensiunan 130 ribu sampai 150 ribu maka kuota yang kita siapkan hanya 60 ribu per tahun, sehingga jumlah PNS-nya perlahan-lahan akan menyusut dengan sendirinya," bebernya.
Read more ...

Dinsosnakertrans Kabupaten Banyumas (Jawa Tengah) Sediakan Lebih dari 7 Ribu Lowongan dalam Job Fair 2012

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/dinsosnakertrans-kabupaten-banyumas.html

Sejumlah 7.171 lowongan dari 20 perusahaan di berbagai bidang diperebutkan dalam Job Fair 2012 yang diselenggarakan Dinas Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Ribuan calon pencari kerja pun meramaikan job fair ini.

"Ada 7171 lowongan dari 20 perusahaan dari Banyumas, Cilacap Batam, Kalimantan, Tangerang," ujar panitia Job Fair, Sri Sugiarti Ningsih, kepada wartawan, Senin (26/6/2012).

Dari 7.171 lowongan yang ada dalam job fair kali ini, sekitar 5.000 lowongan pekerjaan diantaranya menerima lulusan SD.

"Kita laksanakan 3 hari. Kita sediakan lowongan untuk lulusan SD hingga Sarjana terbagi dari sektor industri, perbankan, perdagangan dan lain-lain," jelasnya.

Sementara itu, menurut Mahali, salah satu peserta job fair yang juga merupakan Ketua Himpunan Lembaga Latihan Swasta Indonesia (HILLSI) mengatakan di Kabupaten Banyumas terdapat sekitar 18 ribu pengagguran yang saat ini berlomba-lomba mencari pekerjaan.

Pihaknya menghimpun seluruh LPK di kabupaten Banyumas agar dapat mendidik serta menyalurkan para calon tenaga kerja sesuai kemampuannya.

"Ada 35 LPK yang kita himpun, diantaranya bidang perhotelan, pesiar bahasa, komputer. Semua kita himpun tergantung pencari kerja maunya kemana," kata Mahali.

Selain itu, lanjut Mahali, pihaknya juga membuat LPK untuk menciptakan enterpreneur berkualitas agar mandiri mengembangkan usaha sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

"Agar mereka mempunyai pengasilan secara sendiri. Kita juga menyediakan pelatihan kewirausahaan sehingga mereka dapat mempunyai keterampilan usaha," tandasnya. (ref : Detik)
Read more ...

Mulai 2012, Sistem Rekrutmen CPNS bakal Seketat Pelaksanaan Ujian Nasional

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/mulai-2012-sistem-rekrutmen-cpns-bakal.html

Pemerintah mulai mengubah sistem penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) seketat pelaksanaan Ujian Nasional (UN) mulai tahun ini.

Menteri Pendayayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Azwar Abubakar mengatakan, penerimaan CPNS ini memang akan diubah layaknya UN di SMP dan SMA/ SMK dengan proses yang diawasi ketat.

Dia menjelaskan, proses penerimaan dimulai dengan dibuatnya soal ujian oleh konsorsium Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diketuai oleh Universitas Gajah Mada (UGM).

Konsorsium membuat soal per paket dengan sistem pengacakan sehingga antar peserta ujian tidak dapat saling mencontek. Dia menjelaskan, tidak akan ada intervensi selama pelaksanaan ujian yang tanggung jawabnya diserahkan ke masing-masing kampus yang tergabung dalam konsorsium tersebut.

"Dalam hal ini kampus akan bekerjasama dengan pemerintah di masing-masing daerah," katanya di gedung Kemenpan dan RB, di Jakarta.

Mantan Plt Gubernur Aceh ini menjelaskan, jika ujian sudah selesai maka pemerintah kabupaten kota tidak lagi terlibat dalam penerimaan tersebut karena hasil ujian akan dibawa ke pemerintah provinsi untuk ditandatangani dan diumumkan oleh pejabat setempat. "Tidak lagi diproses di daerah namun oleh tim yang sudah dibentuk khusus," ujarnya.

Azwar menambahkan, untuk menambah kepercayaan public dalam pengawalan dan pembuatan soal maka Kemenpan dan RB mengajak Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk turut serta. “Jadi soal dikirim ke Lemsaneg untuk diperiksa. Dikirim lagi ke daerah lalu dicetak,” terangnya. Pihaknya juga akan meminta bantuan kepolisian untuk mengawal distribusi soal.

Kemenpan dan RB tadi siang juga baru menekan nota kesepahaman bersama dengan Indonesia Corruption Watch (ICW) terkait dengan pengawasan dan pengaduan masyarakat pada proses penerimaan aparatur negara ini. Menurut Azwar, LSM anti korupsi ini tidak hanya menjadi posko pengaduan namun juga ikut mengawal seleksi penerimaan CPNS mulai dari pembuatan soal hingga pengumumannya.

Awal keterlibatan ICW, bebernya, karena adanya keraguan dari Wakil Presiden Boediono atas transparansi dan akubtabilitas 10 PTN. Maka dari itu dia pun mengusulkan ICW masuk dalam seleksi ini. ICW, kata dia, diangap sebagai anti bakteri dalam proses penerimaan CPNS sebagai salah satu fase dalam reformasi birokrasi.

Azwar mengungkapkan, pada intinya keterlibatan 10 PTN, kepolisian dan ICW ini adalah pemerintah ingin menciptakan proses seleksi yang ramah untuk semua pihak namun juga serius untuk mencari aparatur negara yang berkualitas. Selain itu penerimaanya harus berdasarkan analisis kebutuhan dan peta jabatan. Dengan penerimaan yang bersih dari KKN ini, jelasnya, maka generasi emas yang akan datang pun akan semangat menjadi PNS.

"Negara mengeluarkan uang rakyat ini untuk mencari kebutuhan tenaga pemerintahan yang melayani masyarakat. Selain itu menepis stigma bahwa pemerinta itu bobrok dan tidak adil," urainya.

Coordinator ICW J Danang Widoyoko berpendapat, praktek suap dalam penerimaan CPNS itu memang benar adanya. Pasalnya, dia mengalami sendiri ketika adiknya ingin menjadi PNS di Jawa Tengah dimintai Rp90 juta jika ingin dinyatakan lulus. Praktek ini ada, terangnya, salah satunya disebabkan oleh kepentingan politik dimana kepala daerah menimbun uang sebanyak mungkin untuk maju dipemilihan berikutnya.

Kepala daerah juga menjanjikan para kolega dan pendukungnya kedudukan di instansi negara sebagai konsesi. Danang mengemukakan, integritas pemerintah dalam proses rekrutmen ini menjadi penting agar penerimaan PNS ini tidak lagi dipolitisasi.

Jika semakin dibiarkan, ujarnya, maka pemerintah akan gagal mendapatkan anak-anak terbaik bangsa yang ditempatkan di instansi negara. Terkait dengan ditandatanginnya MoU dengan Kemenpan dan RB, ICW tidak akan menggantikan fungsi inspektorat jenderal atau kepolisian namun akan bersama-sama mereka mendukung agar proses penerimaan berjalan baik.

Jika ada indikasi pidana maka kami akan laporkan ke kepolisian, jaksa atau KPK. Kalau problema dalam perekrutan kami akan datang ke inspektorat,” imbuhnya. (ref : Detik)
Read more ...
Get widget