Inilah 7 Tips Ampuh Untuk Mengembalikan Semangat Kerja Anda

http://lokernesia.blogspot.com/2012/03/inilah-7-tips-ampuh-untuk-mengembalikan.html

Di suatu waktu, pernahkan Anda merasa sangat tidak bersemangat untuk bekerja? Atau merasa kehilangan passion untuk melakukan sesuatu? Tenang saja Anda bukan satu-satunya orang yang merasakan hal seperti itu. Karyawan paling teladan pun terkadang mengalami kemerosotan dan memerlukan dorongan untuk mengembalikan motivasi mereka.

Karyawan yang memiliki motivasi tinggi terlihat lebih enerjik, lebih bahagia, lebih antusias, lebih produktif jika dibandungkan dengan karyawan yang sedang kehilangan semangat. Seseorang yang memiliki semangat tinggi lebih memiliki kelebihan untuk mempengaruhi anggota tim, begitu pun dengan seseorang yang sedang down juga bisa mengompori anggota tim lainnya hanya saja mungkin lebih kepada memberi pengaruh buruk.

Anda tentunya tidak mau jadi biang masalah di kantor karena pengaruh buruk Anda di dalam tim. Simak tips berikut untuk mengembalikan passion Anda di tempat kerja :
  1. Perjelas tujuan Anda. Anda tidak akan dapat bekerja dengan benar sebelum Anda memiliki visi dan misi yang jelas. Tanpa tujuan yang pasti dan pengetahuan mengenai pekerjaan yang Anda lakukan, Anda pun bisa kehilangan arah dan berefek bekerja sembarangan.
  2. Make some strategics to reach your goals. Rumuskan stategi yang ingin Anda lakukan untuk meraih tujuan. Pastikan kalau hal tersebut mampu Anda lakukan agar tidak ada alasan bagi Anda untuk berhenti di tengah jalan. Dengan rancangan yang Anda buat secara otomatis memberi Anda deadline bagi diri Anda sendiri untuk menyelesaikan tugas. Semakin terorganisirnya diri Anda semakin Anda pun dapat mematuhi kontrol yang telah dibuat, Anda akan termotivasi untuk menyelesaikan semua tugas Anda dengan baik.
  3. Tingkatkan keberhasilan Anda. Kata ‘sukses’ tentunya menjadi satu kata ‘ajaib’ yang dapat memicu semangat Anda untuk maju. Tetapi apa Anda sudah cukup puas dengan apa yang raih sekarang? Yakin bahwa potensi Anda lebih besar dari apa yang Anda sadari saat ini. Kembangkan kreatifitas Anda dalam bekerja. Kondisikan pekerjaan Anda semenarik mungkin sehingga bisa menjadi motivasi Anda untuk bisa lebih dari yang sekarang.
  4. Reward yourself. Diri Anda bukan robot yang bisa selalu dipush untuk melakukan sesuatu. Tidak salah jika sesekali Anda memanjakan diri Anda atas apa yang telah Anda raih. Misalnya dengan pulang kerja tepat waktu setelah beberapa kali lembur. Memberi istirahat bagi otak dan pikiran Anda juga sebuah reward.
  5. Jaga perspektif Anda. Hal ini penting untuk menjaga dan mengingatkan diri sendiri mengapa Anda bekerja. Buatlah list alasan Anda memasuki dunia kerja Anda saat ini dan mengapa Anda mau melakukan pekerjaan tersebut. Ingatkan juga diri Anda bahwa work is work dan Anda tetap memiliki kehidupan di luar konteks bekerja, enjoy your life dan buatlah sesuatu yang berbeda.
  6. Jaga keseimbangan hidup Anda. Sering terjadi Anda merasa kehilangan jati diri saat berada di tempat kerja dan melupakan ada hal lain yang menanti Anda di luar sana. Menjaga kredibilitas dan menjaga keseimbangan hidup adalah dua hal yang sama penting untuk meningkatkan motivasi. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk hal di luar pekerjaan seperti untuk keluarga, berolahraga, belanja atau hobi Anda lainnya yang dapat menyalurkan kreatifitas dan energi. Hal-hal tersebut berguna untuk menghilangkan kejenuhan dan juga akan membuat Anda lebih produktif di tempat kerja.
  7. Think positive. Selalu pada hal-hal positif sekecil apa pun itu. Berpikir negative akan memberi dampak yang buruk tanpa Anda sadari. Membaca buku-buku motivasi, berbicara tentang hal-hal yang inspiratif juga bisa membantu Anda untuk selalu berpikir positif dalam hidup khususnya dalam lingkup pekerjaan Anda.
Terima Kasih dan Semoga Sukses !


Hormat Kami,

Tim Kontributor LoKerNesia


Get widget